Nama Buku : Kritik Terhadap Studi Al Quran Kaum Liberal
Ukuran/Hal : 15 x 23 cm / halaman
Berat: 800 gram
Penulis: Fahmi Salim M.A
Penerbit: Penerbit Gema insani Press
Harga : Rp 110.000 ,- –> Rp 100.000
Anda Hemat: Rp 10.000,-
Pesan via Whatsapp/Telpon
Sinopsis Buku Kritik Terhadap Studi Al Quran Kaum Liberal – Fahmi Salim M.A – Penerbit Gema insani Press
“Dikalangan Nahdiyin, konsep tafsir Hermeneutika secara resmi ditolak dalam forum tertinggi Mukhtamar NU di Boyolali th. 2005, karena dinilai tidak sesuai dengan ‘Qawa’id Tafsir’, sehingga hemat saya karya Ilmiah Fahmi Salin ini dapat memberikan eksposisi yang lebih mendalam dengan hujjah-hujjah kuat mengapa paradigma liberal dalam studi Al-Qur’an dan piranti model Hermeneutika harus ditolak”. (DR. KH, MA’RUF AMIN, Ketua MUI dan Tokoh Senior Ulama NU)
“Hanya sedikit cendikiawan Muslim yang memahami konsep dan teori filsafat interpretasi hermeneutika beserta worldview dibaliknya. Dan dari yang sedikit memahami belum ada yang bersikap kritis dan analitis apalagi dapat mengaitkannya secara konseptual dengan Ilmu Tafsir dan Ta’wil. Yang ada hanya sekedar deskripsi, apresiasi dan adopsi bulat-bulat tanpa proses epistemologi yang valid, sehingga malah berseberangan dengan tradisi Tafsir dan Ta’wil. Tulisan Fahmi Salim ini memberi bekal positif bagi mahasiswa maupun dosen bidang studi Al-Qur’an dalam bersikap kritis di era yang dihegemoni oleh paham relativisme dan dekonstruksionisme ini”. (DR. HAMID FAHMY ZARKASYI, Direktur INSISTS)
“Al-Qur’an adalah Kalamullah. Cara membaca dan menafsirkan Kalamullah jelas berbeda dengan metode hermeneutika yang memang dikhususkan untuk teks-teks karya manusia. penggunaan metode hermeneutika untuk Al-Qur’an jelas mengacaukan dan merusak ilmu Tafsir. Tesis Fahmi di al-Azhar Kairo ini hadir tepat waktu, ketika wabah hermeneutika mulai melanda dunia Perguruan Tinggi Islam.” (DR. ADIAN HUSAINI, Ketua Dewan Dakwah Islam Indonesia)
“Di tengah maraknya diskursus Al-Qur’an kontemporer yang cenderung menjauh dari tradisi keilmuan Islam, buku yang ditulis saudara Fahmi Salim ini layak menjadi bacaan alternatif.” (DR. MUCHLIS HANAFI, Manager Program Studi Al-Qur’an (PSQ) Jakarta. Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur’an Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur’an Balitbang Kemenang RI).
Daftar Isi Buku Kritik Terhadap Studi Al Quran Kaum Liberal – Fahmi Salim M.A – Penerbit Gema insani Press
Daftar Isi
TESTIMONI TIM PEMBIMBING DAN PENGUJI TESIS xi
PENGANTAR PENERBIT xiii
PENGANTAR PENULIS xv
BAB I STUDI KRITIS KOMPARATIF ANTARA TAKWIL DAN HERMENEUTIKA 1
A. Pengertian Takwil dalam Tradisi Keilmuan Islam 1
1. Definisi Etimologi Takwil 2
2. Terminologi Takwil dalam Perspektif Ulama Ushul Fikih 4
a. Ranah Takwil Mneurut Ulama Fiqh 5
b. Konsep Zhahir-Bathin dan Syarat-Syaratnya 8
c. Aturan-Aturan Takwil 13
3. Terminologi Takwil dalam Perspektif Ulama Al-Qur’an 22
a. Usaha Mentarjih Masalah Ini 27
b. Perbandingan antara Istilah Ulama Ushul Fiqh dan Ulama Al-Qur’an 34
c. Rambu-Rambu Tafsir yang Bermakna Takwil 36
d. Aturan Universal ketika Terjadi Pelbagai Kemungkinan Makna Teks 42
B. Konsep Hermeneutika dalam Tradisi Keilmuan Barat 51
1. Definisi Hermeneutika secara Etimologi dan Terminologi 51
2. Ruang Lingkup Hermeneutika 55
3. Pengaruh Hermeneutika terhadap Pemikiran Keagamaan 58
4. Antara Takwil dan Hermeneutika, Persamaan ataukah Perbedaan? 67
C. Kelahiran Ilmu Tafsir dan Perkembangannya dalam Peradaban Islam 81
1. Kemunculan Ilmu Tafsir dan Perkembangannya dalam Peradaban Islam 87
2. Tafsir Al-Qur’an dan Masalah Reformasi Islami 102
3. Jenjang Masuknya Metode-Metode Barat dalam Takwil Al-Qur’an 112
a. Metode-Metode Linguistik Kontemporer (Lisaniyyat) 113
b. Metode Historisitas 116
BAB II SEJARAH KONSEP DAN PERGULATAN PEMIKIRAN TENTANG HERMENEUTIKA UNTUK AL-QUR’AN 122
A. Akar Historis, Perkembangan dan Aliran-Aliran Hermeneutika 122
1. Sejarah Kemunculan Hermeneutika dan Perkembangannya 124
a. Kemunculan Hermeneutika: Dari Tradisi Teologi Kristen 124
b. Sejarah Hermeneutika dari Filsafat Klasik Zaman Modern 130
c. Karakteristik Metode Hermeneutika 136
2. Mazhab-Mazhab Hermeneutika dan Aliran-Alirannya 139
a. Segitiga Hermeneutika (Teks, Pembaca, dan Pengarang) 143
1) Pengarang 143
2) Teks 144
3) Pembaca/Penakwil (Hermeneut) 149
b. Kesimpulan Bahasan 154
B. Hermeneutika dan Kritik Bibel 157
1. Sejarah Problem Kritik Bibel 157
2. Fenomena Kritik Bibel 164
3. Akar-Akar Historis Tren Kritik Bibel 167
a. Gereja Abad Pertengahan 167
b. Abad Pencerahan 174
c. Di Era Modern 179
4. Apakah Tepat Metode Kritis untuk Mengkaji Al-Qur’an? 182
C. Aplikasi Hermeneutika dalam Studi Al-Qur’an 189
1. Orientalis dan Penerapan Hermeneutika dalam Studi Al-Qur’an 189
• Orientalis damn Aplikasi Metode Kritik Bibel di Bidang Studi Al-Qur’an 189
2. Modernis Islam dan Aplikasi Hermeneutika dalam Studi Al-Qur’an 201
a. Pemikiran Dr. Muhammad Arkoun dalam Bidang Studi Al-Qur’an 201
1) Proyek Kritik Nalar Islam Versi Arkoun 207
2) Langkah-Langkah Metode Arkoun 209
3) Dekonstruksi Al-Qur’an dalam Proyek Arkoun 212
b. Hasil Dr. Nasr Hamid Abu Zaid dalam Takwil Al-Qur’an 218
1) Konsep Teks Al-Qur’an dalam Epistemologi Nasr Hamid Abu Zaid 220
2) Teori Hermeneutika Nasr Hamid Abu Zaid 222
c. Aplikasi Hermeneutika dalam Proyeksi Dr. Hasan Hanafi 231
1) Metode Materialis Historis dan Takwil Al-Qur’an 231
2) Teori Hermeneutika Hasan Hanafi 234
3) Levelisasi Pembacaan Al-Qur’an Menurut Hasan Hanafi 239
3. Pemanfaatan Pembacaan Baru dari Perspektif Orientalis 246
a. Fenomena Pertama: Condong kepada Tafsir Positivis-Sekular tentang Wahyu 246
b. Fenomena Kedua: Al-Qur’an antara Fakta Realitas dan Simbolisme 249
c. Fenomena Ketiga: Al-Qur’an Berhadapan dengan Kitab-Kitab Samawi 253
BAB III ISU-ISU HERMENEUTIKA AL-QUR’AN 259
A. Isu Historisitas Teks Al-Qur’an 259
1. Historisitas Teks Versus Konsep I’jaz Al-Qur’an 259
2. Kajian Kritis Historisitas Al-Qur’an ala M. Arkoun 281
a. Historisitas Akal-Fondasional, Al-Qur’an sebagai Wacana Verbal 282
b. Arkoun dan Proyek Al-Qur’an Edisi Kritis 288
c. Arkoun dan Arti Penting Korpus Resmi (Mushaf) 292
d. Arkoun dan Integritas Mushaf ‘Utsmani 295
3. Teori dan Aplikasi Historisitas Al-Qur’an Abu Zaid 298
a. Konsep Historisitas Menurut Abu Zaid 300
b. Contoh Aplikatif Penerapan Historisitas atas Teks Al-Qur’an 303
c. Titik Tolak dan Mekanisme Historisitas Teks Al-Qur’an 305
d. Ulasan Kritis 314
e. Agama dan Teks Agama, Produk Tuhan atau Manusia? 337
f. Posisi dan Peran Akal di Hadapan Teks Agama 340
B. Isu Kritis Historis dan Sastra Al-Qur’an 343
1. Metode Kritis-Historis dalam Mazhab Sastra Al-Qur’an Amin al-Khuli 343
a. Akar Kajian Kritis dalam Mazhab Takwil Susatra Amin al-Khuli 346
b. Elemen-elemen Metode Tafsir Susastra 349
1) Kajian Seputar Al-Qur’an 347
2) Kajian tentang Al-Qur’an Sendiri 349
c. Akar Historis dan Epistemologis Metode Tafsir Susastra 354
d. Aplikasi Metode Kritis-Historis Susastra dalam Disertasi al-Fann al-Qashashi fi Al-Qur’an 362
e. Kritik Teori Seni Kisah Khalfallah 368
2. Metode Antropologi M. Arkoun dalam Takwil Kisah Al-Qur’an 378
a. Fungsionalisasi Antropologi dalam Pembacaan Teks Agama 379
b. Kisah Al-Qur’an antara Mitos dan Realitas 382
c. Antropologi dan Dialektika Analisis dan Proyeksi 383
d. Fungsionalisasi Antropologi untuk Membaca Kisah Al-Qur’an 385
e. Metode Pendekatan Faktual Kisah Al-Qur’an 386
f. Pendekatan Moderat dalam Memahami Kisah Al-Qur’an 388
g. Nilai Simbol dan Imajinasi dalam Penetapan Makna Al-Qur’an 392
h. Kesimpulan 397
3. Problematika Kritik Semiotika Al-Qur’an dalam Pemikiran Abu Zaid 398
a. Fundamentalisme Metode Takwil Abu Zaid 399
b. Manfaat Metode Susastra dalam Studi Teks Agama 402
c. Mekanisme Metode Susastra dan Produk Keluarannya 405
C. Isu Dialektika Teks dan Realitas 425
1. Persoalan Asbab Nuzul dan Klaim Realitas Lebih Superior dari Teks Al-Qur’an 425
• Kaidah Asbab Nuzul dalam Tafsir 427
2. Dialektika antara Teks Al-Qur’an dan Realitas, Kritik Atas Ide Orisinalitas Realitas 450
a. Kajian Susastra Marxisme dan Pengaruhnya bagi Al-Qur’an 450
b. Pijakan Epistemologis Al-Qur’an sebagai “Produk Budaya” 453
1) Konsep Dialektik, dari Realitas ke Teks 453
2) Konsep Keaslian Realitas-Materiil 460
3. Perubahan Hukum-Hukum Qath’i dengan Dalih Dialektik antara Teks Konstan dan Realitas yang Berubah 471
a. Klaim Perubahan Hukum dalam Hal yang Tetap 472
b. Catatan Kritis 475
BAB IV MENGKRITISI PENGGUNAAN METODE RISET ILMU-ILMU HUMANIORA BARAT-SEKULER UNTUK MEMBACA AL-QUR’AN 484
A. Plus Minus Metodologi Tafsir 484
B. Krisis Ilmu-Ilmu Humaniora Barat 489
DAFTAR PUSTAKA 499
INDEKS 513
BIODATA PENULIS 517
Review Buku Kritik Terhadap Studi Al Quran Kaum Liberal – Fahmi Salim M.A – Penerbit Gema insani Press
Author: Google+ by Toko Buku Islam Online Terpercaya
Kunjungi channel kami di Wisata Buku Online
Tinggalkan Balasan