Buku Shahih Ibnu Khuzaimah – Ibnu Khuzaimah – Pustaka Azzam

Buku Shahih Ibnu Khuzaimah - Ibnu Khuzaimah - Pustaka Azzam

Nama Buku : Shahih Ibnu Khuzaimah 4 Jilid

Ukuran/Hal : 16 x 24 cm

Halaman Jilid 1: 912 Halaman
Jilid 2: 844 Halaman
Jilid 3: 844 Halaman
Jilid 4: 952 Halaman

Berat: 7900 gram

Penulis: Ibnu Khuzaimah

Penerbit: Pustaka Azzam

Harga Full Set: Rp  804.000 ,- –> Rp 723.000,-

Anda Hemat: Rp 810.000,-

Jilid 1: Rp. 197.000,-
Jilid 2: Rp. 189.000,-
Jilid 3: Rp. 199.000,-
Jilid 4: Rp. 219.000,-

Pesan via Whatsapp: 0857 2745 2727 <- Cukup Klik
Pesan via SMS: 0857 2745 2727
Pesan Via Line: @Wisatabuku <- Cukup Klik

Sinopsis Buku Shahih Ibnu Khuzaimah – Ibnu Khuzaimah – Pustaka Azzam

Menghukumi suatu hadits itu shahih, hasan, atau dha’if, harus didasarkan pada beberapa hal, diantaranya adaalah (tabiat yang mendorong seseorang untuk senantiasa bertakwa, dan berakhlak mulia dan menjauhi maksiat serta bid’ah) dan dhabth (keakuratan hapalan) periwayat, atau tuduhan terhadap : “adaalah” dan “dhabth” mereka.

Mengetahui segala sesuatu berkenaan dengan salah seorang periwayat hadis bukan hal yang mudah, sebagaimana pendapat para ulama tentang seorang periwayat juga berbeda-beda, ada yang berlebihan, ada yang sedang-sedang saja, dan ada yang meremehkan. Perbedaan penilaian terhadap seorang periwayat akan mempengaruhi perbedaan dalam menghukumi suatu hadits, apakal shahih, hasan, dha’if, atau maudhu ‘.
Allah Ta’ala  berfirman,yang artinya:
“orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (Qs. Al Hujuraat [49]: 6)

Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam-  bersabda,
“Semoga Allah membaguskan akhlak dan mengangkat derajat orang yang mendengar sesuatu dari kami (yakni : hadits)  lalu dia menyampaikannya seperti yang dia dengar, Berapa banyak orang yang menyampaikan lebih paham dari yang mendengar.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ibnu Hibban).

Oleh karena itu, para sahabat -Rodliallohu Anhum-  sangat hati-hati dan teliti dalam masalah periwayatan, baik ketika mengambil dan menyampaikannya, sehingga muncullah kaidah, “Sesungguhnya hadits-hadits ini adalah agama, maka perhatikanlah dari siapa kalian mengambilnya.” Dengan demikian muncullah ilmu Al Jarh wa At-Ta’dil. Para ulama memberikan perhatian yang sangat besar dalam masalah ini. Mereka mengerahkan segala upaya untuk mempelajari kondisi para periwayat yang menukil hadits Nabi -Sholallahu Alaihi Wassalam- .
Imam Al Iraqi -rahimahulloh-  berkata dalam Fath Al Mughits (Fath Al Mughits (3/314),“Mintalah bantuan dengan ilmu Jarh wa Ta ‘dil, karena ia merupakan jalan untuk menjelaskan Antara yang sehat (shahih) dengan yang sakit (dha’if) dan berhati- hatilah, mempunyai tujuan (tertentu), karena jarh sangat berbahaya.”

Review Buku Shahih Ibnu Khuzaimah – Ibnu Khuzaimah – Pustaka Azzam

Author: Google+ by Toko Buku Islam Online Terpercaya

Kunjungi channel kami di Wisata Buku Online

baca referensi lain di id.wikipedia dan en.wikipedia

102 Total Views 1 Views Today
Print Friendly, PDF & Email
About Wisata Buku

Wisatabuku.com adalah tempat Share daftar isi buku islam, resensi, sinopsis, review, dan tempat belanja buku online. Anda juga dapat mendownload majalah maupun buletin di blog ini. Pemesanan: 0857 2510 6570

Speak Your Mind

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.