Buku Sejarah Pembukuan Hadits-hadits Nabi – DR.Muhammad Az-Zahrani – Pustaka Darul Haq

Buku Sejarah Pembukuan Hadits-hadits Nabi - DR.Muhammad Az-Zahrani - Pustaka Darul HaqNama Buku : Sejarah Pembukuan Hadits-hadits Nabi

Ukuran/Hal : 15,5 x 24 cm / 264 halaman

Berat: 450 gram

Penulis: DR.Muhammad Az-Zahrani

Penerbit: Pustaka Darul Haq

Harga: Rp  50.000 ,- –> Rp 45.000,-

Anda Hemat: Rp 5.000,-

Pesan via Whatsapp: 0857 2745 2727 <- Cukup Klik
Pesan via SMS: 0857 2745 2727 <- Cukup Klik
Pesan Via Line: Line Wisatabuku <- Cukup Klik

Sinopsis Buku Sejarah Pembukuan Hadits-hadits Nabi dari Pustaka Darul Haq

Para sahabat mengambil as-Sunnah langsung dari Rasulullah yang sebagaimana yang dilakukan Umar y misalnya, atau melazimi Rasulullah dengan tinggal di masjid sebagaimana Abu Hurairah, atau bertanya kepada pihak ketiga yang berinteraksi langsung dengan beliau seperti kepada Ummahatul Mukminin. Pada generasi pertama ini, setiap kabilah acap kali mengirim utusan untuk menimba ilmu dari Nabi .

Dan mereka menjaga as-Sunnah dengan metode hafalan. Intinya, mereka menerima hadits yang masih genuine lalu disampaikan secara jujur dengan berpegang teguh pada prinsip hadits,” Barangsiapa yang menyampaikan satu hadits dariku, yang mana dia sendiri menduga bahwa itu adalah kebohongan, maka dia sendiri adalah salah seorang pembohong.” (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).

Pada masa berikutnya, para tabi’in berusaha mengikuti langkah para sahabat, tetapi karena banyaknya kendala; seperti wafatnya para sahabat senior, dan tersebarnya para ulama di berbagai daerah yang jauh, serta fitnah dari musuh-musuh Islam, menjadikan as-Sunnah mulai tercampur dengan bualan dusta, sehingga perlu dipilah mana yang shahih dari yang dhaif. Sebagian tabi’in mulai berpikir untuk membukukan as-Sunnah.

Inilah generasi perintis kodifikasi Sunnah. Yang berperan sentral sebagai pencetus pertama kodifikasi hadits adalah Umar bin Abdul Aziz (w. 101 H) dan Ibnu Syihab az-Zuhri (w. 124 H). Keduanya memprakarsai kodifikasi hadits secara luas. Buku ini lebih dari sekedar pembukuan hadits, di dalamnya tergambar napak tilas para ahli hadits dalam mencari hadits, biografi para ulama penulis hadits dan perjalanan kodifikasi hadits, silsilah asal muasal karya tulis; matan, syarah, hamisy, ta’liq, takhrij.

Metodologi dan cara penulisannya pun dijabarkan dengan jelas dan mudah. Sangat bagus sebagai panduan bagi para pencinta ilmu khususnya, dan kaum Muslimin umumnya.

 

Author: Google+ by Toko Buku Islam Online Terpercaya

Kunjungi channel kami di Wisata Buku Online

baca referensi lain di id.wikipedia dan en.wikipedia

180 Total Views 2 Views Today
Print Friendly, PDF & Email
About Wisata Buku

Wisatabuku.com adalah tempat Share daftar isi buku islam, resensi, sinopsis, review, dan tempat belanja buku online. Anda juga dapat mendownload majalah maupun buletin di blog ini. Pemesanan: 0857 2510 6570

Speak Your Mind

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.